Monday, February 4, 2008

Kenapa Jembatanku Ambruk?


Tadi pagi saya baca koran lokal di daerah saya, saya membaca tentang jembatan yang ambruk di salah satu kecamatan di kota saya, Sragen. jembatan yang menghubungkan antara plupuh, sragen dan mojosongo, solo tersebut ambrol. tapi saya gak bahas detail berita itu tapi saya tertarik dengan berbagai kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam akhir2 ini. dalam kasus jembatan tersebut, kerugian yang diakibatkan antara lain terputusnya jalur ekonomi sragen-solo, sistem transportasi penghubung kedua daerah, belum juga nanti jumlah dana yang akan digunakan buat membangun jembatan itu lagi. jadi kita minta ganti rugi kepada siapa? apakah semuanya dibebankan kepada pemerintah? bisa ya, bisa tidak, karena tidak semua kesalahan pemerintah, sebagian dari kita pasti melontarkan sumpah serapah kepada pemerintah yang dianggap tidak becus membuat jembatan atau dana membuat jembatan dulu dikorupsi sehingga konstruksi kurang kuat. sebenarnya kita harus berpikir untuk bagimana mengantisipasi datangnya bencana, karena bencana tidak bisa kita rencanakan. salah satunya adalah merawat lingkungan kita, atau merawat fasilitas umum milik negara. jadi segala hal tersebut dapat dimulai dari diri kita sendiri, dari hal yang kecil, dan mulai saat ini. kalo dari masyarakat kita, atau pemimpin kita memiliki pikiran seperti itu, saya yakin kita pasti bisa mengantisipasi bencana dan memiliki infrastruktur dan fasilitas umum yang awet dan bisa kita banggakan.
oh ya, saya nulis ini cuma opini saya saja, kalo mo dikomentari, saya persilakan... monggo

No comments: