Friday, December 19, 2008

DEATHMATCH in Bangkok






besok Indonesia akan bertanding menghadapi Thailand, dalam pertandingann semifinal AFF Suzuki cup 2008 di Thailand. nah, dalam perjalanan merebut salah satu tempat di final tersebut indonesia dah kalah 0-1 dari Thailand di Jakarta kemaren. jadi, jika indonesia pengen maen di final, besok harus maen mati2an dan penuh semangat untuk mengalahkan tuan rumah.

maen di thailand bukan perkara mudah bagi Indonesia, mereka pasti di dukung penonton yang banyak. lha wong tanpa dukungan penuh aja thailand masih bisa maen bagus dan bisa mengalahkan indonesia, apalagi maen di rumah.. ya gak. sebenarnya kalo mau jujur, kualitas tim kita tuh dibawah thailand. kita kalah kelas dari bebagai faktor. misalnya, teknik, kualitas pemain, pelatih, kolektivitas tim, daya juang, semangat, dan emosi yang belum terkontrol.

Dari segi teknik, pemain kita sngat jauh dibanding Thailand, mereka memiliki teknik sepakbola yang yahud punya, dari teknik nmenendang aja pemain kita dah ketinggalan, kalo gak percaya coba liat aja besok. secara individu dan mental bertanding juga bagus walaupun sebagian dari mereka berusia muda. kalo pemain kita udah banyak yang uzur dan tidak memiliki mental bertanding yang cukup. seharusnya dalam timnas perlu banyak bertanding dan menguji serta memasang beberapa pemain muda potensial untuk membentuk karakter juara dan mental bertanding yang cukup.

Kalu dari kualitas pelatih jelas timnas kalah jauh dari segi teknik dan pengalaman. pelatih thailad berasal dari inggris dan pernah menangani tim liga inggris seperti sunderland dan manchester city, jadi timnas thailand memperoleh motivasi dan mendapatkan mental yang bagus karena memiliki pelatih sekelas itu. kalau indonesia, pelatihnya adalah lokal dan hanya pernah menangani di liga lokal. meskipun pernah meraih juara bersama klub lokal.

dengan perbandingan tersebut diatas kita dapat melihat kualitas timnas kita dibanding dengan Thailand. tapi saya sebagai pecinta timnas Indonesia selalu berharap dan berdoa semoga timnas indonesia dapat melangkah lebih dan membalikkan semua ramalan dan prediksi dari semua pengamat serta mampu memberi hasil yang terbaik buat bangsa dan masyarakat indonesia. maju terus INDONESIA, terbang tinggi GARUDA dan hajar GAJAH PUTIH....

No comments: